-->

Belajar Kuadrat Menyenangkan dengan Kadoku

Matematika dari dulu memang manjadi sebuah momok bagi siswa. Hal ini disebabkan karena dalam benak siswa sudah tertanam sebuah pemikiran bahwa Matematika merupakan pelajaran yang sulit dan membosankan. Guru yang mengajar matematika kecendrungan memiliki tempramen tinggi, sehingga sering terjadi saat pembelajaran Guru mengalami kesulitan untuk menyampaikan sebuah konsep kepada siswa. 

Untuk membuat siswa mudah mempelajari sebuah konsep materi, hal pertama yang harus ditumbuhkan dan terpenting adalah siswa menyenangi pelajaran tersebut. Logikanya adalah, saat siswa menyukai sebuah lagu, seberapapun panjang lagu tersebut, siswa ternyata mampu menghapal dan menyanyikan lagu tersebut. Jadi kesimpulannya adalah minat membuat siswa menjadi mudah dalam mempelajari sesuatu.



Terus, bagaimana cara meningkatkan minat siswa terhadap matematika? Dimana pelajaran Matematika sudah menempati sisi antipati dalam diri siswa. Bagaimanakah hal yang mereka takuti, bosenin dan bahkan mereka benci dirubah menjadi ketertarikan?

Salah satu solusinya adalah BERMAIN. Yah, dunia anak-anak adalah dunia bermain. Mereka akan merasa senang jika dalam pembelajaran disisipi sebuah permainan. Permainan yang berisi motivasi, dan kompetisi.

Kadoku merupakan singkatan dari Kartu Domino Kuadrat.  Kadoku ini dibuat dengan tujuan dapat melatih siswa agar bisa mengenal dan mengingat bilangan kuadrat 1 sampai dengan 100.

Seperti namanya, Kadoku ini dibuat menyerupai kartu domino pada umumnya. Di mana dalam selembar kartu terdapat 2 bagian yang berisi bilangan berbeda. Perbedaan dengan kartu domino terletak pada angka yang mengisi masing-masing bagian. Pada kartu domino, angka yang mengisi pada masing-masing bagian adalah angka 1 sampai 6 dengan pola bulatan merah yang besar. Sedangkan pada Kadoku kedua sisi kosong diisi dengan bilangan berpangkat dan hasil bilangan berpangkat. Jumlah dalam 1 set kartu Kadoku adalah 100 lembar.


Membuat Kadoku tidaklah sulit. Kerena Kadoku ini dibuat dengan mengadopsi pola bilangan pada kartu domino. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat Kadoku.
1. Mendata bilangan kuadrat dari 1 sampai dengan 100
12 = 1
22 = 4
32 = 9
42 = 16
52 = 25
62 = 36
72 = 49
82 = 64
92 = 81
102 = 100

2. Kita buat pasangan bilangan antara bilangan kuadrat dengan hasilnya.

12 dengan 1,  12 dengan 4, 12 dengan 9, 12 dengan 16, 12 dengan 25, 12 dengan 36, 12 dengan 49, 12 dengan 64, 12 dengan 81, 12 dengan 100.
22 dengan 1,  22 dengan 4, 22 dengan 9, 22 dengan 16, 22 dengan 25, 22 dengan 36, 22 dengan 49, 22 dengan 64, 22 dengan 81, 22 dengan 100.
Dilanjutkan sampai dengan bilangan 102.

3. Kartu-kartu tersebut kemudian dibuat dalam sebuah kertas karton dan dipotong. Sehingga kita  memperoleh 100 lembar Kadoku

Berikut ini adalah langkah-langkah permainan Kadoku.
Untuk memainkan Kadoku ini diperlukan 2-5 pemain. 
Pemain menentukan siapa yang mengocok kartu dengan cara suit.
Pemain yang mengocok kartu akan mendapat giliran pertama untuk mengeluarkan kartu.
Satu set kartu domino (berjumlah 100 lembar) dikocok agar kartu-kartu tersebut teracak.
Masing-masing pemain diberikan 10 lembar kartu.

Sisa kartu ditaruh di bawah.
Pemain yang mengocok kartu membuka satu kartu yang tertumpuk di bawah sebagai kartu awal.

Kemudian pemain tersebut mencocokan kartu yang dikeluarkan dengan kartu miliknya. Misalnya kartu awal adalah 22 dan 9. Maka dia arus memiliki kartu dengan salah satu bagian bernilai 4 atau 32. Jika dia memiliki kartu dengan bagian 4, maka dia harus menaruh kartu tersebut menindih bagian kartu 22, sebaliknya jika dia memiliki bagian kartu dengan nilai 32, maka dia harus menaruh kartu tersebut menindih bagian kartu yang berangka 9.
Jika pemain tersebut tidak memiliki kartu dengan sisi  22 atau 9, maka dia harus mengambil kartu dari sisa kartu yang ada di bawah sampai dia menemukan kartu yang bernilai 22 atau 9.

Pemain yang menang adalah pemain yang mampu menghabiskan kartu yang ada ditangannya atau yang memiliki kartu paling sedikit di akhir permainan. 

Untuk dapat mempelajari Materi Kuadrat silahkan Masuh Ke laman Utama  

0 Response to "Belajar Kuadrat Menyenangkan dengan Kadoku"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel