-->

Juknis Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SD/MI Tahun 2017

Penilaian proses serta hasil belajar secara bertahap dan berkelanjutan merupakan upaya peningkatan mutu pendidikan yang terus dikembangkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Upaya ini merupakan tindakan konkret untuk mewujudkan dan memelihara suatu kondisi pendidikan dasar yang bermutu, menyenangkan, dan memungkinkan berkembangnya kemampuan peserta didik untuk mengembangkan daya nalar, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis sesuai dengan tingkat perkembangannya. 
Salah satu indikator peningkatan mutu pada suatu jenjang pendidikan adalah meningkatnya kemampuan peserta didik baik mengenai substansi pelajaran maupun perkembangan kreativitas, daya nalar, sikap, dan budi pekerti para peserta didik. Oleh karena itu, kompetisi atau lomba kemampuan peserta didik dalam bentuk olimpiade mata pelajaran untuk seluruh daerah perlu diadakan, agar semangat dan komitmen para praktisi pendidikan di daerah tetap terpelihara dan memungkinkan mereka selalu berupaya meningkatkan kualitas pendidikan. 

Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SD/MI dan atau yang sederajat telah dirintis sejak tahun 2003 merupakan salah satu wadah strategis untuk merealisasikan paradigma pendidikan di atas. Pelaksanaan olimpiade secara berkelanjutan akan berdampak positif pada peningkatan kualitas pendidikan dan pembelajaran sehingga menjadi lebih kreatif dan inovatif. Olimpiade Sains Nasional untuk peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat ini diselenggarakan untuk memotivasi para peserta didik, guru, pengelola, dan pembina pendidikan untuk berkompetisi secara sehat dengan mengedepankan sportivitas guna mencapai prestasi terbaik, sekaligus meningkatkan kualitas pendidikan di daerah masing-masing.



Demikian mengenai Juknis Olimpiade Sains Nasional Sekolah Dasar Tahun 2017 kiranya dapat berguna kepada sekolah yang mewakili di tingkat nasional

0 Response to "Juknis Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SD/MI Tahun 2017"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel